Perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sistem Radio Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas XI SMKN 5 Padang Tahun Ajaran 2015/2016.

Yunita, Yuti (2017) Perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sistem Radio Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas XI SMKN 5 Padang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_YUTI_YUNITA_14065029_094_2017.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran sistem radio menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas XI SMKN 5 Padang semester genap Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen dengan rancangan Post- test only control group design. Yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV di SMK Negeri 5 Padang Tahun Ajaran 2015/ 2016. Yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw yaitu kelas XI TAV1 B dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif yaitu kelas XI TAV2 A. Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 81,97, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 76,68. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu (1,818 > 1,701), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih besar yaitu 6,90% dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:40
Last Modified: 11 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23114

Actions (login required)

View Item View Item