Irman, Yunanda (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_05_YUNANDA_IRMAN_1102075_725_2017.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan dan metode yang digunakan guru kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besar pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV SMK N 1 Koto XI Tarusan pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen kuantitatif. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, sebagai kelas kontrol adalah X TAV 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif dan kelas eksperimen adalah X TAV 2 menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 75,75, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 70. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (7,85 > 1,697), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 02:40 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 02:40 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23113 |
Actions (login required)
View Item |