Hubungan Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Kelas XI di SMKN 1 Ranah Pesisir.

Angryani, Yolli (2017) Hubungan Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Kelas XI di SMKN 1 Ranah Pesisir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_YOLLI_ANGRYANI_1102692_757_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) kelas XI di SMKN 1 Ranah Pesisir. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI kelas XI di SMKN 1 Ranah Pesisir. 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI kelas XI di SMKN 1 Ranah Pesisir. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI kelas XI di SMKN 1 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMKN 1 Ranah Pesisir dengan sampel berjumlah 33 orang siswa. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran KKPI, sedangkan data motivasi belajar dan perhatian orang tua dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk dianalisis korelasinya. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Terdapat hubungan yang rendah dan signifikan anatara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,003>1,6939), 2) Terdapat hubungan yang sedang dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa, dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,113>1,6939), dan 3) Terdapat hubungan yang sedang dan signifikan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa, dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (4,168>3,32).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:40
Last Modified: 11 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23112

Actions (login required)

View Item View Item