Pengaruh Jus Rumput Gandum (Triticum aestivumL.) yang Ditanam dengan Media Berbeda terhadap Eritrosit dan Leukosit Mencit Jantan (Mus musculus L.) Anemia

Hayati, Riska Nur (2019) Pengaruh Jus Rumput Gandum (Triticum aestivumL.) yang Ditanam dengan Media Berbeda terhadap Eritrosit dan Leukosit Mencit Jantan (Mus musculus L.) Anemia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_Riska_Nur_Hayati_15032084_1866_2019.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Kekurangan zat gizi besi (Fe) merupakan salah satu penyebab paling umum dari anemia. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi anemia adalah dengan mengkonsumsi jus rumput gandum yang mengandung zat gizi besi serta klorofil yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial, media tanam (faktor A) dan konsentrasi (faktor B), yang dilaksanakan pada Januari-Februari 2019 di Laboratorium Penelitian dan Divisi Hewan Jurusan Biologi FMIPA UNP. Jumlah sampel 40 ekor mencit jantan umur 8-10 minggu, dengan berat 20-30 g yang dikelompokkan menjadi 8 kelompok perlakuan yang terdiri dari 5 ekor mencit jantan. Perlakuan yang diberikan adalah Kl: tidak diberi jus rumput gandum (kontrol), K2: tidak diberi jus rumput gandum setelah diinduksi NaN02 (perlakuan anemia), Pl T: diberi jus rumput gandum yang ditanam dengan tanah setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 50%. P2T: diberi jus rumput gandum yang ditanam dengan tanah setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 75% dan P3T: diberi jus rumput gandum yang ditanam dengan tanah setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 100%. P 1 H: diberi jus rumput gandum yang ditanam hidroponik setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 50%. P2H: diberi jus rumput gandum yang ditanam hidroponik setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 75%. P3H: diberi jus rumput gandum yang ditanam hidroponik setelah perlakuan anemia dengan konsentrasi 100%. Pengambilan darah diambil sebelum dan sesudah perlakuan melalui ujung ekor mencit. Data dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dilanjutkan dengan uji lanjut DMRTdengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada media tanam (faktor A) tidak berpengaruh karena Fhitung<Ftabel sedangkan pada konsentrasi pemberian jus rumput gandum (faktor B) berpengaruh terhadap jumlah eritrosit dan leukosit mencit jantan karena Fhitung>Ftabel• Perlakuan yang signifikan adalah pada pemberian jus rumput gandumkonsentrasi 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:40
Last Modified: 11 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23111

Actions (login required)

View Item View Item