Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIP A di SMAN 5 Bukittinggi

Rahmah, Annisa Fauzia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIP A di SMAN 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Annisa_Fauzia_Rahmah_15031063_2050_2019.pdf

Download (834kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari pada permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran biologi yaitu masih rendahnya kompetensi belajar peserta didik dalam aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan yang diperoleh melalui hasil observasi. Permasalahan tersebut menjadi penghambat bagi guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Maka dari itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut salah satunya model pembelajaran picture and picture. Model ini merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media utama dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran picture and picture terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi. Jenis Penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian seluruh kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 161 orang yang terdistribusi dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pemilihan kelas sampel berdasarkan karakteristik tertentu yang diperlukan dalam penelitian. Penentuan kelas ekperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara pengundian sehingga kelas yang terpilih adalah XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis data penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kompetensi belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Secara berturut-turut perbandingan nilai peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah 77,94>71,97 pada kompetensi pengetahuan, 77,13>70,27 pada kompetensi sikap, 78,72>69,83 pada kompetensi keterampilan. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima pada kompetensi belajar peserta didik dalam seluruh aspek kompetensi dimana didapatkan thitung>ttabel• Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi di SMAN 5 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:40
Last Modified: 11 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23107

Actions (login required)

View Item View Item