Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MBA) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Padang

Syahrul, Muhammad (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MBA) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_M_Syahrul _1201234_2085_2019.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah. Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik. Namun, hasil tes yang diperoleh di SMAN 1 Padang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Hal ini dapat ditingkatkan dengan cara menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis ( MEA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model MEA lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas XI MIA SMAN 1 Padang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian static group design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Padang tahun pelajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 274 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas XI MIA 7 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dianalisis dengan menggunakan uj i-t. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh p-value sebesar 0,03 dimana p-value lebih besar dari taraf nyata. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model MEA lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran MEA berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:40
Last Modified: 11 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23106

Actions (login required)

View Item View Item