Pengaruh Penggunaan Learning Management System Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang.

Afriani, Windi (2017) Pengaruh Penggunaan Learning Management System Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_WINDI_AFRIANI_1202175_1157_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sistem Operasi di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya metode pembelajaran, antusias siswa dalam belajar dan tingginya kecendrungan siswa menggunakan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan aplikasi Edmodo, salah satu jenis Learning Management System (LMS) pada mata pelajaran Sistem Operasi kelas X TKJ semester ganjil SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini bersifat experiment. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sebagai kelas eksperimen adalah X TKJ A menggunakan aplikasi Edmodo dan kelas kontrol adalah X TKJ B tanpa menggunakan aplikasi Edmodo. Teknik pengumpulan data dari post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian, kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 80,00 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 72,00. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan 0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu (3,04 > 1,70). Karena thitung > ttabel maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari perhitungan Gain hasil belajar dimana O1 adalah rata-rata nilai kelas eksperimen dan O2 adalah rata-rata nilai kelas kontrol maka diperoleh persentase peningkatan hasil belajar sebanyak 11,1%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Edmodo memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dari peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:39
Last Modified: 11 Sep 2019 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23102

Actions (login required)

View Item View Item