Komparasi Media Pembelajaran yang Menggunakan Media Aurora 3D Presentation dan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Kinali.

Sari, Sesilia Mayang (2017) Komparasi Media Pembelajaran yang Menggunakan Media Aurora 3D Presentation dan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Kinali. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SESILIA_MAYANG_SARI_1106768_065_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase komparasi hasil belajar siswa yang menggunakan media Aurora 3D Presentation dan media Power Point pada mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika kelas X TAV semester genap SMK Negeri 1 Kinali Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas eksperimen 1 adalah X TAV 1 menggunakan media pembelajaran Aurora 3D Presentation dan kelas eksperimen 2 adalah X TAV 2 menggunakan media Power Point. Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian, kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai rata-rata 81,17, sedangkan kelas eksperimen 2 mendapatkan nilai rata-rata 76,13. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (2,344 > 1,672), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Besar persentase komparasi hasil belajar siswa yang menggunakan media Aurora 3D Presentation dan media Power Point pada mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika di SMK Negeri 1 Kinali yaitu sebesar 6,62%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Aurora 3D Presentation lebih baik dibandingkan dengan media pembelajaran Power Point.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:39
Last Modified: 11 Sep 2019 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23097

Actions (login required)

View Item View Item