Analisis Hubungan Multiple Intelligences dengan Hasil Belaj ar Peserta Didik Kelas X Peminatan Ilmu Sosial Lintas Minat Biologi di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman

Andima, Rika (2018) Analisis Hubungan Multiple Intelligences dengan Hasil Belaj ar Peserta Didik Kelas X Peminatan Ilmu Sosial Lintas Minat Biologi di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Rika_Andima_15031079_2000_2019.pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

Pencapaian tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik setelah proses pembelajaran. Kecerdasan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Kadar tiap kecerdasan yang dimiliki peserta didik berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Multiple Intelligences (MI) sebagai suatu kecerdasan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi peserta didik. Teori tentang MI dikemukakan dan dikembangkan oleh Howard Gardner (Psikolog Harvard) yang terdiri dari 9 kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara MI dengan hasil belajar peserta didik peminatan Ilmu Sosial (IS) lintas minat biologi kelas X IS 3 di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang telah dilakukan pada bulan September di kelas X IS 3 TP. 2018/2019. Sampel berjumlah 32 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, dengan mengundi salah satu kelas pada populasi dan di dapatkan satu kelas yaitu kelas X IS 3. Instrumen penelitian menggunakan angket MI. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif berarti antara MI secara keseluruhan dengan hasil belajar peserta didik peminatan IS lintas minat biologi kelas X IS di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam, namun antara MI secara parsial dengan hasil belajar biologi hanya kecerdasan eksistensial dan kecerdasan spasial-visual yang memiliki hubungan positifberarti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:46
Last Modified: 10 Sep 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23092

Actions (login required)

View Item View Item