Pemanfaatan Pupuk Cair Berbahan Dasar Urin Sapi (Bos taurus) sebagai Nutrisi Hidroponik pada Tanaman Pakcoy (Brassica chinensis)

Nusima, Selva Dena (2019) Pemanfaatan Pupuk Cair Berbahan Dasar Urin Sapi (Bos taurus) sebagai Nutrisi Hidroponik pada Tanaman Pakcoy (Brassica chinensis). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_Selva_Dena_Nusima_15032040_1881_2019.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Tanaman Pakcoy (Brassica chinensis L.) merupakan salah satu jenis sayuran paling banyak dikomsumsi oleh masyarakat karena kandungan gizinya yang tinggi. Namun kendala dalam memproduksi pakcoy adalah kurangnya lahan untuk bercocok tanam disebabkan laju petumbuhan penduduk meningkat. Saat ini ada cara untuk memanfaatkan lahan sempit sebagai usaha untuk mengembangkan hasil pertanian adalah dengan cara bercocok tanam secara hidroponik, dimana unsur hara diperoleh dari larutan nutrisi. Salah satu altematif untuk mendapatkan nutrisi hidroponik adalah dengan menggunakan urin sapi (Bos taurus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk cair berbahan dasar urin sapi (Bos taurus) sebagai nutrisi hidroponik pada tanaman pakcoy (Brassica chinensis L.), menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 5 perlakuan 4 ulangan. Perlakuannya adalah A= pembanding (AB mix 10 mL/L air), B= pemberian pupuk organik cair urin sapi 6 mL/L air, C= pemberian pupuk organik cair urin sapi 8 mL/L air, D= pemberian pupuk organik cair urin sapi 10 mL/L air, E= pemberian pupuk organik cair urin sapi 12 mL/L air. Parameter pengamatan utama meliputi Tinggi Tanaman (cm), Jumlah Daun (helai), Luas Daun (cm2), Berat Basah Tanaman (g) dan Berat kering Tanaman (g). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA (Analysis of variance) dan uji lanjut BNT (Beda Nyata Terkecil) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan berbagai konsentrasi larutan nutrisi hidroponik pupuk organik cair berbahan dasar urin sapi memberikan pengaruh tidak berbeda nyata dan tidak dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica chinensis L.).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:46
Last Modified: 10 Sep 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23091

Actions (login required)

View Item View Item