Analisis Hubungan Multiple Intelligences dengan Basil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelaj aran IP A Kelas IX SMPN 22 Padang

Mulyani, Kiki (2019) Analisis Hubungan Multiple Intelligences dengan Basil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelaj aran IP A Kelas IX SMPN 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Kiki_Mulyani_15031108_1977_2019.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kunci kemajuan, semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu bangsa maka akan semakin baik kualitas bangsa tersebut. Pendidikan tidak terlepas dari adanya proses pembelajaran. Masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran adalah rendahnya basil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi basil belajar peserta didik adalah kecerdasan. Kecerdasan masih didefinisikan secara sempit sebagai Intelligences Quotient (IQ) dalam dunia pendidikan. Padahal pada kenyataan yang ada, seseorang memiliki berbagai macam kecerdasan lain selain yang dapat dinilai dari akademik saja. Kecerdasan tersebut terdiri atas sembilan tingkat kecerdasan dan dikenal sebagai Multiple Intelligences (MI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara MI dengan basil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IX SMPN 22 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang telah dilakukan pada bulan Maret di kelas IX SMPN 22 padang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel berjumlah 34 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, dengan mengundi salah satu kelas pada populasi dan didapatkan satu kelas yaitu kelas IX 2. Instrumen penelitian menggunakan angket MI. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara setiap kecerdasan pada MI dengan basil belajar IPA kelas IX SMPN 22 Padang, namun tidak semua kecerdasan pada MI yang mempunyai pengaruh positif yang berarti dengan basil belajar IPA kelas IX SMPN 22 Padang. Kecerdasan yang tidak mempunyai pegaruh positif yang berarti dengan basil belajar IPA kelas IX SMPN 22 Padang yaitu: kecerdasan musikal dan kecerdasan intrapersonal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:46
Last Modified: 10 Sep 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23090

Actions (login required)

View Item View Item