Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kompetensi Belajar IP A Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Koto XI Tarusan

Sari, Rintia Mawadah (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kompetensi Belajar IP A Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Rintia_Mawadan_Sari_15031041_2024_2019.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil kompetensi belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa permasalahan yang ditemui saat proses pembelajaran, diantaranya rendahnya minat belajar peserta didik serta model pembelajaran yang digunakan guru tidak melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi belaj ar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang mendukung keaktifan peserta didik, yaitu salah satunya model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan. Pembelajaran dengan model inkuri terbimbing berbasis lingkungan menuntut peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Koto XI Tarusan pada materi KD 3. 7 tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Koto XI Tarusan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yang biasa digunakan guru dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar, penilaian sikap dan keterampilan berupa lembar observasi. Data kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan dianalisis dengan menggunakan uj i t. Hasil analisis data yang diperoleh pada kompetensi pengetahuan bahwa thitung>ttabeiCl,70> 1,67), hasil analisis data kompetensi sikap bahwa thitung>ttabeiC3,09> 1,67), dan hasil analisis data kompetensi keterampilan bahwa thitung>ttabeiC2,81> 1,67). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan berpengaruh secara berarti terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik di kelas VII SMPN 2 Koto XI Tarusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:46
Last Modified: 10 Sep 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23089

Actions (login required)

View Item View Item