Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory dengan Model Pembelajaran Cooperative Type Group Investigation terhadap Kompetensi Belajar Fisika Siswa Kelals X MIA SMA Adabiah Padang

Firaina, Radha (2019) Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory dengan Model Pembelajaran Cooperative Type Group Investigation terhadap Kompetensi Belajar Fisika Siswa Kelals X MIA SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Radha_Firaina_15033119_1130_2019.pdf

Download (884kB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran fisika masih tergolong rendah. Hasil penyebaran angket pada beberapa SMA di Kota Padang menunjukkan pelaksanaan kegiatan praktikum dan penggunaan LKS di sekolah belum optimal sehingga tidak mampu memberikan pencapaian kompetensi yang memadai bagi siswa. Hal ini disebabkan kurang lengkapnya peralatan laboratorium untuk melaksanakan praktikum nyata. Akan tetapi, fasilitas di SMA Adabiah Padang cukup memadai untuk kegiatan praktikum secara virtual. Salah satu solusi yakni dengan menerapkan LKS virtual laboratory dan didukung pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki besar pengaruh penerapan LKS virtual laboratory dengan model pembelajaran cooperative type group investigation terhadap kompetensi belajar fisika siswa kelas X MIASMA Adabiah Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Adabiah Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang memiliki kemampuan awal sama. Instrumen pengambilan data pada kompetensi sikap menggunakan lembar observasi, kompetensi pengetahuan dengan tes, sedangkan kompetensi keterampilan dengan lembar unjuk kerja yang dilengkapi rubrik penskoran. Data yang diperoleh untuk ketiga kompetensi dianalisis menggunakan statistik uji t. Untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan dilanjutkan dengan analisis regresi dan korelasi setelah memenuhi persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan LKS virtual laboratory dengan model pembelajaran cooperative type group investigation terhadap kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan belajar fisika siswa pada taraf nyata 0,05; dan basil analisis korelasi product moment pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan secara berturut­ turut sebesar 34,44 % dan 20,66 %. Namun, penerapan LKS virtual laboratory dengan model pembelajaran cooperative type group investigation tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi sikap siswa kelas X MIA SMA Adabiah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:38
Last Modified: 10 Sep 2019 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23086

Actions (login required)

View Item View Item