Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terstruktur dengan Menggunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Siswa Kelas XI SMA

Sundami, Nila (2019) Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terstruktur dengan Menggunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Nila_Sundami_15035035_1680_2019.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi yang cukup sulit dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terstruktur dengan menggunakan tiga level representasi kimia dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan. J enis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Adapun tahapan dalam model 4-D yaitu tahap define, design, develop, dan dissaminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validitas, angket respon guru dan angket respon siswa diberikan untuk uji praktikalitas modul yang diberikan pada 5 orang validator dan 32 orang siswa kelas XI SMA N 1 Pariaman. Dari hasil analisis data dengan menggunakan formula kappa Cohen diketahui tingkat validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan dengan rata-rata kevalidan 0,82 dikategori sangat tinggi, tingkat praktikalitas guru 0,89 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi dan tingkat parktikalitas bagi siswa 0,82 kategori kepraktisan sangat tinggi. Dengan demikian modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terstruktur dengan menggunakan tiga level representasi kimia (makroskopik, miksroskopik dan simbolik) yang dikembangkan diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:37
Last Modified: 10 Sep 2019 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23085

Actions (login required)

View Item View Item