Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Cisco Packet Tracer Terhadap Hasil Belajar Melakukan Perbaikan dan/Atau Setting Ulang Koneksi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti

Yulianti, Rima (2017) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Cisco Packet Tracer Terhadap Hasil Belajar Melakukan Perbaikan dan/Atau Setting Ulang Koneksi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RIMA_YULIANTI_1202182_2011_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil ujian semester siswa kelas XII TKJ tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran Melakukan Perbaikan Dan/Atau Setting Ulang Koneksi Jaringan Berbasis Luas di SMKN 1 Hiliran Gumanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran CiscoPacket Tracer dan powerpoint dengan media pembelajaran powerpoint saja pada mata pelajaran Melakukan Perbaikan Dan/Atau Setting Ulang Koneksi Jaringan Berbasis Luas di SMKN 1 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga yang menjadi kelas sampel adalah kelas XII TKJ B sebagai kelompok eksperimen dengan memanfaatkan media pembelajaran CiscoPacket Tracer dan powerpoint dan kelas XII TKJ A sebagai kelompok kontrol dengan memanfaatkan media pembelajaran powerpoint saja. Teknik pengumpulan data diperoleh dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian, kelompok eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 78,33 sedangkan kelompok kontrol mendapatkan nilai rata-rata 76,11. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan 0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu (2,387 > 1,6905). Karena thitung > ttabel maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil perhitungan persentase hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdapat pengaruh hasil belajar dengan memanfaatkan media pembelajaran CiscoPacket Tracer dan powerpoint sebesar 2,9 %. Ini berarti hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran CiscoPacket Tracer dan powerpoint lebih baik dibandingkan dengan memanfaatkan media pembelajaran powerpoint saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:37
Last Modified: 10 Sep 2019 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23082

Actions (login required)

View Item View Item