Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa Kelas XI SMA/ MA

Sari, Setri Delvita (2019) Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa Kelas XI SMA/ MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Setri_Delvita_Sari_1305832_1000_2019.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik yaitu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Untuk mendukung pelaksanaan pendekatan saintifik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, dibutuhkan bahan ajar yang didalamnya terdapat tahapan­ tahapan pembelajaran pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam untuk siswa kelas XI SMA/MA dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari e-modul yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (four D models). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan kepada 3 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia, sedangkan uji praktikalitas dilakukan kepada 30 orang siswa kelas XII.IPA 1 dan 2 orang guru kimia SMA N 12 Padang. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata­rata momen kappa uji validitas sebesar 0,87 dengan tingkat kevalidan yang sangat tinggi. Uji praktikalitas diperoleh rata­rata momen kappa sebesar 0,88 baik dari angket guru maupun dari angket siswa dengan tingkat kepraktisan yang sangat tinggi. Dengan demikian, telah dihasilkan e-modul berbasis pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam untuk siswa kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:37
Last Modified: 10 Sep 2019 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23077

Actions (login required)

View Item View Item