Harianti, Reski (2017) Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe The Power Of Two di Sertai Handout Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Listrik Elektronika Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_05_RESKI_HARIANTI_1201916_466_2017.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknik Dasar Listrik Elektronika kelas X TAV semester genap SMK N 5 Padang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas eksperimen adalah X TAV1-B menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two dan kelas kontrol adalah X TAV2-B menggunakan model pembelajaran Kooperatif. Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata- rata 84,34 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 77,64. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (3,806>1,697 ), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih besar yaitu 8,62% dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 01:37 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 01:37 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23075 |
Actions (login required)
View Item |