Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Melaksanakan Pekerjaan Bengkel Elektronika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sumatera Barat Rendra.

Perdana, Oki (2017) Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Melaksanakan Pekerjaan Bengkel Elektronika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sumatera Barat Rendra. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RENDRA_OKI_PERDANA_17637_1307_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe ETH dengan model pembelajaran Kooperatif murni pada mata pelajaran Melaksanakan Pekerjaan Bengkel Elektronika kelas X Teknik Elektronika semester genap SMK Negeri 1 Sumatera Barat Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini bersifat true experimental. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas kontrol adalah X TAV menggunakan model pembelajaran Kooperatif murni dan kelas eksperimen adalah X Mekatronika menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe ETH. Teknik pengumpulan dilakukan dengan pemberian post-test setiap pertemuan, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 84, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78.94. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu 4.18 > 1.685, karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe ETH lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Kooperatif murni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:36
Last Modified: 10 Sep 2019 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23073

Actions (login required)

View Item View Item