Pengaruh Model Pembelajaran Knisley terhadap Aktivitas dan Hasil Belaj ar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N egeri 43 Padang

Melisa, Melisa (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Knisley terhadap Aktivitas dan Hasil Belaj ar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N egeri 43 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Melisa_1301328_2088_2019.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran. Semakin baik hasil belajar yang diperoleh maka proses belajar dapat dikatakan berhasil. Selain dituntut untuk memiliki hasil belajar yang baik, siswa juga diharapkan aktif dalam setiap proses pembelajaran. Namun diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N egeri 43 Padang masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Matematika Knisley. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana aktivitas belajar siswa selama diterapkannya Model Pembelajaran Knisley dan mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Model Pembelajaran Knisley lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N egeri 43 Padang. Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian deskriptif dan eksperimen semu dengan rancangan static group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 43 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019, sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII. I sebagai kelompok eksperimen dan VIII.3 sebagai kelompok kontrol. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas belajar setiap pertemuan pada kelompok eksperimen dan tes akhir pada kedua kelompok sampel. Data hasil observasi dianalisis dengan menggunakan persentase aktivitas tiap pertemuan, sedangkan data hasil tes akhir dianalisis dengan uji U-Mann Whitney. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan untuk setiap pertemuan. Berdasarkan analisis tes hasil akhir, pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh P-value =0,0487. Karena P- value< a, maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Matematika Knisley lebih baik daripada hasil belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 43 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:36
Last Modified: 10 Sep 2019 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23071

Actions (login required)

View Item View Item