Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Putri, Ramona Eka (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RAMONA_EKA_PUTRI_1301364_3232_2018.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep adalah salah satu tujuan yang diharapkan dapat dikuasai dan dicapai siswa dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP belum tercapai secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran TTW lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Pelajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simlpe random sampling, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal esai untuk melihat pemahaman konsep matematika siswa. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji U Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data tes pemahaman konsep matematika siswa diperoleh P-value = 0,0361 kurang dari taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:43
Last Modified: 09 Sep 2019 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23069

Actions (login required)

View Item View Item