Kontribusi Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Audio Video SMKN 5 Padang.

Sari, Putri Adilla (2017) Kontribusi Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Audio Video SMKN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_PUTRI_ADILLA_SARI_1102061_478_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi di sekolah dengan ditemukan beberapa siswa yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu ≥ 75, dari 96 orang siswa yang terdiri dari 3 kelas, sebanyak 51 orang masih berada dibawah nilai KKM, hal ini terjadi karena berbagai faktor penyebab diantaranya kurangnya motivasi siswa dalam belajar serta besarnya pengaruh dari lingkungan terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan besarnya kontribusi motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X SMKN 5 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif denga jenis penelitian adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 96 siswa dan sampel berjumlah 39 siswa kelas X Audio Video di SMKN 5 Padang tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Data hasil belajar diperoleh dari Guru bidang studi Dasar Listrik dan Elektronika SMKN 5 Padang. Sedangkan data Motivasi Belajar dan lingkungan belajar dikumpulkan melalui angket menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan bantuan komputer program Microsoft Office Ecxel 2010 dan SPSS 16.0. Hasil analisis data penelitian menunjukkan : (1) motivasi belajar belajar dan lingkungan belajar secara bersama memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 5 Padang sebesar, (2) Motivasi Belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 5 Padang sebesar dan (3) Lingkungan belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 5 Padang sebesar, Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan belajar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa, semakin tinggi motivasi belajar dan lingkungan belajar maka hasil belajar juga akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:36
Last Modified: 10 Sep 2019 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23068

Actions (login required)

View Item View Item