Kontribusi Kreatifitas Praktik dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel Kelas X Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Farhan, Hasby (2017) Kontribusi Kreatifitas Praktik dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel Kelas X Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_PARHAN_HASBY_1203047_60_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi kreativitas praktik dan sarana prasarana secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik kerja bengkel. Populasi penelitian ini berjumlah 56 orang dan sampel berjumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 17 orang siswa kelas X TAV dan 19 orang siswa kelas X TEI di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran teknik kerja bengkel jurusan teknik elektronika. Sedangkan data kreativitas praktik siswa dan sarana prasarana didapat melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahwa kreativitas praktik dan sarana prasarana secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknik kerja bengkel di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Bukittinggi sebesar 51,5%, sedangkan kreativitas praktik siswa berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknik kerja bengkel di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Bukittinggi sebesar 20,6%, dan untuk sarana prasarana berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknik kerja bengkel di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Bukittinggi sebesar 22,9%. Dapat disimpulkan bahwa kreativitas praktik siswa dan sarana prasarana secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri berkontribusi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknik kerja bengkel Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi, semakin kreatif siswa dalam melakukan praktikum dan semakin lengkap ketersediaan sarana prasarana, maka semakin meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik kerja bengkel di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:43
Last Modified: 09 Sep 2019 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23067

Actions (login required)

View Item View Item