Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Painan

Maghristy, Oriza Sativa (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ORIZA_SATIVA_MAGHRISTY_1305581_3818_2018.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Pemahaman konsep matematika merupakan dasar bagi peserta didik dalam memahami matematika dengan baik agar tujuan pembelajaran matematika dapat tercapai. Namun, kenyataan di lapangan ditemukan bahwa pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Painan masih perlu ditingkatkan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan pemahaman konsep dengan baik. Di samping itu, partisipasi atau peran aktif peserta didik dalam pembelajaran juga masih kurang. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq). Model TPSq merupakan model pembelajaran kelompok yang memberikan banyak waktu dan kesempatan bagi peserta didik untuk berpikir sendiri serta bekerjasama dengan orang lain yang dapat mengoptimalkan partisipasi peserta didik baik secara individual maupun klasikal. Terkait dengan uraian tersebut, maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan menerapkan model TPSq lebih baik daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Negeri 2 Painan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Painan dengan sampel kelas VII7 dan kelas VII8. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep matematika. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model TPSq lebih baik daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Negeri 2 Painan untuk taraf nyata α=0,05. Ini berarti bahwa model TPSq berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:43
Last Modified: 09 Sep 2019 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23066

Actions (login required)

View Item View Item