Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dalam Model Problem Based Learning untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP

Sri, Puput Agus (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dalam Model Problem Based Learning untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_PUPUT_AGUS_SRI_1305629_1229_2018.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Salah satu penunjang tercapainya tujuan pembelajaran matematika dengan menggunakan perangkat pembelajaran. Penggunaan perangkat pembelajaran yang tepat akan membantu peserta didik dalam memperoleh pengalaman belajar. Berdasarakan hasil observasi di SMPN 2 Padang RPP yang digunakan oleh guru belum memenuhi standar kurikulum 2013 dan pada LKPD belum memberikan langkah-langkah yang dapat membimbing peserta didik untuk menyelesaian soal yang berhubungan dengan masalah nyata. Oleh karena itu perlu dirancang pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa untuk mencoba dan menyelesaikan permasalahan nyata yang diberikan. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada pengalaman sehari-hari dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan model Problem Based Learning (PBL). Dalam hal ini dikembangkan perangkat pembelajaran berupa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadopsi model Plomp yang terdiri dari tahap preliminary, tahap prototyping, dan tahap assessment phase. Tahap preliminary meliputi analisis siswa, analisis struktur isi, dan analisis konsep. Prototyping merupakan tahap untuk merancang perangkat yang terdiri dari prototype 1, prototype 2, dan prototype 3. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation dan experts review. Experts review diperlukan untuk uji validitas perangkat. Pada prototype 2 dilakukan one-to-one evaluation yaitu mencobakan LKPD yang sudah divalidasi kepada tiga orang siswa dengan kemampuan berbeda. Pada prototype 3 dilakukan small group kepada enam orang siswa. Small group dilakukan untuk mengetahui praktikalitas perangkat. Pada tahap assessment phase dilakukan untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran. Efektivitas difokuskan pada hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika dalam model PBL memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dengan ketentuan LKPD mempunyai tingkat validitas dengan kategori valid dan RPP mempunyai tingkat validitas sangat valid. LKPD sudah praktis berdasarkan hasil angket dan wawancara. RPP dan LKPD dapat dikatakan efektif berdasarkan hasil ulangan harian peserta didik dan hasil pedoman wawancara guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:43
Last Modified: 09 Sep 2019 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23065

Actions (login required)

View Item View Item