Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018

Mulyana, Okta (2018) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_OKTA_MULYANA_1301361_4059_2018.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam dunia pendidikan. Keberhasilan pembelajaran matematika dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan pertama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Padang dengan diterapkannya pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan kedua adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya menerapkan pendekatan CTL lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan quasi-eksperiment, dengan rancangan penelitiannya Static Group Design. Pengambilan kelas sampel dilakukan secara acak dan terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes akhir hasil belajar, kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan. Aktivitas yang banyak terjadi adalah aktivitas membaca dan memahami materi, serta aktivitas menyelesaikan permasalahan kegiatan 2 secara berkelompok. Namun, untuk aktivitas peserta didik menyelesaikan permasalahan kegiatan 1 secara mandiri pada lembar kerja peserta didik dan mengajukan pertanyaan mengalami peningkatan dan penurunan selama pelaksanaan pembelajaran. Aktivitas yang paling sedikit terjadi adalah mengajukan pertanyaan terkait materi yang dipelajari. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan CTL sudah baik dan hasil belajar matematika peserta didik yang menerapkan pendekatan CTL lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang menerapkan pembelajaran langsung di kelas VII SMP Negeri 15 Padang dengan taraf kesalahan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran CTL memberikan pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:43
Last Modified: 09 Sep 2019 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23064

Actions (login required)

View Item View Item