Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas XI SMA

Rizky, Octha Dhika (2018) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_OCTHA_DHIKA_RIZKY_1301326_4286_2018.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk kelas XI SMA yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan Plomp. Model ini terdiri dari tiga tahap, yaitu preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Payakumbuh dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3. Jenis data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pengumpul data berupa lembar validasi, pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes akhir. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan RME yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan saran dan validasi dari validator, LKPD berbasis pendekatan RME memenuhi kriteria valid dengan tingkat validitas 96,61% (sangat valid). Hasil wawancara dengan peserta didik pada tahap evaluasi satu-satu menggambarkan LKPD ini praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran. LKPD juga telah efektif untuk memfasilitasi peserta didik dalam membangun pengetahuannya. Hal ini ditunjukkan dengan sebanyak 27 dari 28 (96,43%) peserta didik telah tuntas dalam tes akhir. Selain itu, proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis pendekatan RME dinilai efektif melalui observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:43
Last Modified: 09 Sep 2019 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23063

Actions (login required)

View Item View Item