Pengaruh Metode Pembelajaran Invitation Into Inquiry Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan LAN Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Lubuk Basung.

Juliasni, Nofi (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Invitation Into Inquiry Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan LAN Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NOFI_JULIASNI_1202178_593_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan besarnya pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Invitation Into Inquiry terhadap hasil belajar Instalasi Perangkat Jaringan LAN siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Populasi penelitian ini berjumlah 42 orang dan sampel berjumlah 32 orang siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jarinngan di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan Sampling Purpose, sebagai kelas eksperimen adalah XI Teknik Komputer dan Jaringan 3 dimana pada kelas ini menerapkan metode pembelajaran Invitation Into Inquiry, sebagai kelas kontrol adalah XI Teknik Komputer dan Jaringan 2 menerapkan metode pembelajaran Konvensional. Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 84,06 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 79,69 Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (4,086> 1,697), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil perhitungan persentase hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdapat pengaruh hasil belajar dengan menerapakan metode pembelajaran Invitation Into Inquiry sebesar 5,48%. Ini berarti hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Invitation Into Inqiry lebih baik di bandingkan metode pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:42
Last Modified: 09 Sep 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23060

Actions (login required)

View Item View Item