Kontribusi Motivasi Organisasi dan Keaktifan Berorganisasi di Badan Eksekutif Mahasiswa Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Munairoh, Munairoh (2017) Kontribusi Motivasi Organisasi dan Keaktifan Berorganisasi di Badan Eksekutif Mahasiswa Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MUNAIROH_1202177_376_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi organisasi dan kurangnya keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi di Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang yang disebabkan asumsi keliru dikalangan mahasiswa bahwa mereka yang aktif berorganisasi akan mengalami penurunan prestasi akademik (IPK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan besarnya kontribusi motivasi organisasi dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa di BEM FT UNP. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 68 mahasiswa dan sampel berjumlah 40 mahasiswa anggota BEM FT UNP Periode 2016-2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling. Data motivasi organisasi dan keaktifan berorganisasi dikumpulkan melalui angket menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Begitu juga dengan data prestasi akademik (IPK). Data dianalisis menggunakan bantuan komputer dengan program Microsoft Office Excel 2007 dan SPSS16.0. Hasil analisis data penelitian menunjukkan: (1) Motivasi Organisasi dan Keaktifan Berorganisasi di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap prestasi akademik mahasiswa FT UNP sebesar 51,6%. (2) Motivasi Organisasi di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) memberikan kontribusi terhadap prestasi akademik mahasiswa FT UNP sebesar 42,9%. (3) Keaktifan Berorganisasi di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) memberikan kontribusi terhadap prestasi akademik mahasiswa FT UNP sebesar 43,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:42
Last Modified: 09 Sep 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23059

Actions (login required)

View Item View Item