Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar–Dasar Listrik Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 4 Pariaman.

Syukri, Muhammad (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar–Dasar Listrik Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MUHAMMAD_SYUKRI_1206224_384_2017.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa pada mata pelajaran Menerapkan Dasar–Dasar Listrik yaitu dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Hal ini diduga karena pembelajaran yang di pakai selama ini yaitu model pembelajaran langsung terbukti belum efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan sejauh mana pengaruh hasil belajar mata pelajaran menerapkan dasar–dasar listrik menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 4 Pariaman tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI) semester ganjil di SMK Negeri 4 Pariaman Tahun Ajaran 2016/2017. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw yaitu kelas X TEI A dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu kelas X TEI B. Data diambil dari tes hasil belajar, Data yang diperoleh dianalisis untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes yang dihasilkan di dapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw yaitu 85,93 sementara siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional lebih rendah yaitu 80,77 dengan persentase perbedaan sebesar 6,389%. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,212 > 1,6715. Hasil pengujian ini memberikan interpretasi bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti bahwa secara signifikan rata- rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw lebih besar dari pada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:42
Last Modified: 09 Sep 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23058

Actions (login required)

View Item View Item