Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang

Bezalina, Nur Atika (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NUR_ATIKA_BEZALINA_1305614_3485_2018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang harus dikembangkan dengan optimal. Namun pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Hal ini juga ditemukan di kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Static Group Design. Penarikan sampel dilakukan dengan metode Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 15 Padang dengan sampel kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan VIII.7 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Problem Based Leaarning dan pada kelas kontrol diterapkan pembelajan konvensional. Berdasarkan analisis data penelitian pada taraf nyata α = 0,05 dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:42
Last Modified: 09 Sep 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23056

Actions (login required)

View Item View Item