Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik Kelas X MIPA SMA Negeri 14 Padang

Fitriani, Nisa (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik Kelas X MIPA SMA Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NISA_FITRIANI_14029060_3469_2018.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri peserta didik. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih belum optimal. Hal ini juga terlihat di kelas X MIPA SMA Negeri 14 Padang. Salah satu faktor yang menyebabkannya terjadi adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik salah satunya adalah dengan menerapkan model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung di kelas X MIPA SMA Negeri 14 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Randomized control grup only design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MIPA SMA Negeri 14 Padang, dengan sampel kelas X MIPA 4 dan X MIPA 6. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,011, karena P-value maka Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung di kelas X MIPA SMA Negeri 14 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:42
Last Modified: 09 Sep 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23055

Actions (login required)

View Item View Item