Pengaruh Model Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang

Orlivia, Nesva (2018) Pengaruh Model Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NESVA_ORLIVIA_14029010_3849_2018.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis adalah salah satu hal penting dalam pembelajaran matematika. Pada kenyataannya, ditemukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa adalah dengan menerapkan model penemuan terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan model penemuan terbimbing lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah VII 4 dan kelompok kontrol adalah VII 7. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis berupa soal esai untuk melihat kemampuan penalaran matematis siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan analisis hasil tes akhir kemampuan penalaran matematis siswa, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model penemuan terbimbing lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan taraf nyata 5%. Sehingga, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:42
Last Modified: 09 Sep 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23051

Actions (login required)

View Item View Item