Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Candra, Khairil (2017) Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_KHAIRIL_CANDRA_1201928_269_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah masih banyak siswa yang memperoleh hasil belajar yang rendah pada mata diklat Teknik Elektronika Dasar siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, dimana 31,89% siswa mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga secara bersamasama maupun parsial terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kolerasional. Populasi penelitian ini berjumlah 69 orang dan sampel berjumlah 41 orang siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata diklat Teknik Elektronika Dasar. Sedangkan data kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 32.58% terhadap hasil belajar siswa (2) kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 13.15% terhadap hasil belajar siswa (3) lingkungan keluarga memberikan kontribusi sebesar 9.61% terhadap hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga secara bersama-sama maupun parsial berkontribusi terhadap hasil belajar mata diklat Teknik Elektronika Dasar siswa kelas X Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi, semakin baik kecerdasan emosional dan semakin mendukung lingkungan keluarga, maka semakin meningkat hasil belajar yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:41
Last Modified: 09 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23044

Actions (login required)

View Item View Item