Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 34 Padang

Kurnianingsih, Leni (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_LENI_KURNIANINGSIH_1301348_4330_2018.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan pemahaman konsep merupakan bagian yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun, faktanya aktivitas dan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMPN 34 Padang masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas peserta didik di kelas VII SMPN 34 Padang yang belajar menggunakan model pembelajaran aktif tipe LSQ dan untuk menyelidiki pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran aktif tipe LSQ apakah lebih baik daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 34 Padang. Penelitian ini adalah gabungan penelitian deskriptif dan quasi exsperimen (eksperimen semu) dengan rancangan Static Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan VII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes pemahaman konsep. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran aktif tipe LSQ belum maksimal. Aktivitas peserta didik yang tidak baik adalah aktivitas menuliskan materi yang tidak dipahami berupa pertanyaan. Aktivitas peserta didik yang cenderung ada perubahan untuk meningkat adalah aktivitas mempelajari bahan ajar dan memberikan tanggapan atau jawaban. Selanjutnya, pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe LSQ lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 34 Padang dengan taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:41
Last Modified: 09 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23038

Actions (login required)

View Item View Item