Pengaruh Penggunaan Media CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar- Dasar Elektronika Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan.

Nasra, Herino (2017) Pengaruh Penggunaan Media CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar- Dasar Elektronika Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_HERINO_NASRA_1306233_1533_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan. Sebagian besar hasil belajar siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,48 % dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75 dari rentang 0 - 100. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar, salah satunya adalah strategi dan model pembelajaran yang kurang efektif. Melihat permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian yang berbentuk eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran media CD Interaktif untuk memotivasi siswa pada mata pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah.Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran media CD Interaktif dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen tidak murni(quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Audio Video sebanyak 31 orang. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah totaliting sample (semua populasi dijadikan sampel). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 36 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen dengan model pembelajaran media CD Interaktif sebesar 80,44 dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung sebesar 68,20. Hasil hipotesis diperoleh nilai thitung 2,862> tabel 2,045. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya diterima pada taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran media CD Interaktif berpengaruhsebesar 17,95 % terhadap hasil belajar siswa pada pada pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:41
Last Modified: 09 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23034

Actions (login required)

View Item View Item