Kontribusi Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Putri, Hengraini Eka (2017) Kontribusi Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_HENGRAINI_EKA_PUTRI_1102090_099_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini berjumlah 64 orang dan sampel berjumlah 40 orang siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh dari guru bidang studi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Sedangkan data kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahwa (1) Kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat sebesar 49,3 %, (2) Kemandirian belajar berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat sebesar 14,14 %, (3) Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat sebesar 24,01 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama maupun sendiri- sendiri terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat, semakin tinggi kemandiran belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru maka hasil belajar juga akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:40
Last Modified: 09 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23033

Actions (login required)

View Item View Item