Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 5 Padang.

Ariyanto, Hany Ravi (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_HANY_RAVI_ARIYANTO_1102049_391_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika kelas X Jurusan Teknik Elektronika semester genap SMK Negeri 5 Padang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik random (acak), sebagai kelas eksperimen adalah XE2 grup B menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas kontrol adalah XE3 grup B menggunakan model pembelajaran kooperatif. Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 89,60, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 81,20. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu (5,714 > 2,042), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil perhitungan persentase hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdapat pengaruh hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) sebesar 10,34%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:40
Last Modified: 09 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23031

Actions (login required)

View Item View Item