Kontribusi Konsep Diri (Self Concept)dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Kelistrikan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Batipuh.

Tabachan, Ferdianza (2017) Kontribusi Konsep Diri (Self Concept)dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Kelistrikan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Batipuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_FERDIANZA_TABACHAN_1201930_026_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Kelistrikan siswa kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Batipuh, dimana 27 orang siswa mendapatkan hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Dasar Kelistrikan yaitu 7.22 dengan rentang nilai 0-10. Tujuan penelitian inimengungkapkan seberapa besar kontribusi Konsep Diri (Self Concept)dan Lingkungan Belajarterhadap Hasil Belajar mata pelajaran Dasar Kelistrikan siswa kelas XJurusan Teknik Audio Video di SMKNegeri 1 Batipuh. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 52 orang dan sampel berjumlah 35 orang siswa kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMKNegeri 1 Batipuh, teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data hasil belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Audio Video di peroleh dari Tata Usaha SMK Negeri 1 Batipuh. Sedangkan, data penelitian Konsep Diri dan Lingkungan Belajar dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa kelas X di SMKNegeri 1 Batipuh. Angket penelitian dibuat dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistikdengan bantuan software Microsoft Excel 2007 dan SPSS Version 20. Hasil analisis data menunjukkan bahwa(1) Konsep Diri dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 45.27% terhadap Hasil Belajar Siswa (2)Konsep diri memberikan kontribusi sebesar 37.81% terhadap Hasil Belajar Siswa(3)Lingkungan Belajar memberikan kontribusi sebesar 27.66% terhadap Hasil Belajar Siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwaKonsep Diri dan Lingkungan Belajar secara bersama- sama maupun parsial berkontribusi terhadapHasil Belajarmata pelajaran Dasar Kelistrikan siswa kelas X Teknik Audio Video di SMKN 1 Batipuh, semakin positif Konsep Diridan semakin baik Lingkungan Belajar, maka semakin meningkat hasil belajar yang diperoleh siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:40
Last Modified: 09 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23029

Actions (login required)

View Item View Item