Kontribusi Sarana Prasarana Labor Komputer dan Pemanfaatan internet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi(KKPI) Kelas X Multimedia di Sekolah Menegah Kejuruan Negri (SMKN) 3 Kota Sungai Penuh

Andri P., Fajri (2017) Kontribusi Sarana Prasarana Labor Komputer dan Pemanfaatan internet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi(KKPI) Kelas X Multimedia di Sekolah Menegah Kejuruan Negri (SMKN) 3 Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_FAJRI_ANDRI_PUTRA_97910_091_2017.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil survei yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMKN 3 Kota Sungai Penuh pada Mid Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam mata pelajaran KKPI, dimana 55,74% relative besar mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran KKPI yaitu 70 dengan rentang nilai 0 - 100. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi sarana prasarana labor komputer dan pemanfataan internet terhadap hasil belajar pada mata pelajaran KKPI siswa kelas X Multimedia di SMKN 3 Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah korelasi/korelasional. Populasi penelitian berjumlah 61 orang dan sampel berjumlah 61 orang siswa kelas X Multimedia di SMKN 3 Kota Sungai Penuh Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sensus (Total sampling). Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran Ketrampilan Komputer dan pengelolaan Informasi (KKPI), data ini merupakan cerminan hasil belajar dalam mata pelajaran KKPI. Sedangkan data sarana prasarana labor komputer dan pemanfaatan internet dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan Microsoft Excel 2007 dan SPSS Version 15 untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Sarana Prasarana Labor Komputer memberikan kontribusi sebesar 4,80% terhadap hasil belajar siswa, (2) pemanfaatan internet memberikan kontribusi sebesar 4,81% terhadap hasil belajar siswa, (3) Sarana Prasarana Labor Komputer dan pemanfaatan Internet secara bersama – sama memberikan kontribusi sebesar 8,63% terhadap hasil belajar siswa kelas X Multimedia pada mata pelajaran KKPI siswa kelas X Multimedia di SMKN 3 Kota Sungai Penuh Tahun Pelajaran 2016/2017. Jadi dapat disimpulkan bahwa Sarana Prasarana Labor Komputer dan Pemanfaatan internet berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin baik sarana prasarana labor komputer dalam proses pembelajaran, dan semakin baik pemanfaatan internet, maka hasil belajar akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:40
Last Modified: 09 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23027

Actions (login required)

View Item View Item