Putra, Ervino Eka (2017) Kontribusi Minat Keguruan dan Kompetensi Pedagogik terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Jurusan Elektronika FT UNP angkatan 2012. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_05_ERVINO_EKA_PUTRA_1201939_129_2017.pdf Download (5kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi minat keguruan dan kompetensi pedagogik memiliki kontribusi terhadap kesiapan menjadi guru. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi minat keguruan dan komptensi pedagogik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap kesiapan menjadi guru. Populasi penelitian ini berjumlah 58 orang dan sampel berjumlah 58 orang mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika angkatan 2012 yang telah melaksanakan PPLK periode Juli-Desember 2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan dari jumlah populasi (Total Sampling). Data mengenai minat keguruan, kompetensi pedagogik dan kesiapan menjadi guru dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada mahasiswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) minat keguruan dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa PTE 2012 sebesar 36,8%. (2) minat keguruan berkontribusi secara signifikan terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa PTE 2012 sebesar 11,76%, (3) kompetensi pedagogik berkontribusi secara signifikan terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa PTE 2012 sebesar 24,01%,Jadi dapat disimpulkan bahwa minat keguruan dan kompetensi pedagogik berkontribusi terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa PTE 2012, semakin tinggi minat keguruan dan semakin baiknya kompetensi pedagogik, maka semakin tinggi kesiapan menjadi guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 02:40 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 02:40 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23025 |
Actions (login required)
View Item |