Kontribusi Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 4 Pariaman

Novendra, Egi (2017) Kontribusi Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_EGI_NOVENDRA_1206207_305_2017.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah masih banyak siswa yang memperoleh hasil belajar yang rendah pada mata diklat Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 4 Pariaman pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, dimana 54,5% siswa mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga secara bersama-sama maupun parsial terhadap hasil belajar.Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara simultan maupun secara parsial terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini berjumlah 66 orang dan sampel berjumlah 40 orang siswa kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK N 4 Pariaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data mengenai motivasi belajar dan lingkungan sekolah dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 46,3%, (2) motivasi belajar berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 19,25%, (3) lingkungan sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 10,68%. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan sekolah berkontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Elektronika Industri di SMKN 4 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:40
Last Modified: 09 Sep 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23024

Actions (login required)

View Item View Item