Kontribusi Emotional Qoutient (EQ) dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar Dasar Teknik Digital Kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 4 Pariaman.

Yurmansyah, Edo Ari (2017) Kontribusi Emotional Qoutient (EQ) dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar Dasar Teknik Digital Kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_EDO_ARI_YURMANSYAH_1203059_279_2017.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi emotional qoutient (EQ) dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital (MDDTD) siswa kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 4 Pariaman Tahun 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang dan sampel berjumlah 38 orang siswa kelas X EI A dan EI B Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 4 Pariaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data hasil belajar MDDTD siswa kelas X Elektronika Industri di peroleh dari guru bidang studi MDDTD. Sedangkan, data penelitian emotional qoutient (EQ) dan pemanfaatan perpustakaan sekolah dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa kelas X EI A dan EI B Teknik Elektronika Industri dan wawancara bersama guru bimbingan konseling dan guru mata pelajaran MDDTD di SMK Negeri 4 Pariaman. Angket dibuat dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik Analisis yang digunakan uji t, uji F, regresi berganda dan statistik analisis regresi linier dengan SPSS.20. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Emotional Qoutient (EQ) dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersama–sama memberikan kontribusi sebesar 56,25% terhadap hasil belajar, (2) Emotional Qoutient (EQ) memberikan kontribusi sebesar 11,22% terhadap hasil belajar, (3) Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah memberikan kontribusi sebesar 12,32% terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar teknik digital siswa kelas XEI A dan XEI B Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 4 Pariaman. Jadi dapat disimpulkan bahwa Emotional Qoutient (EQ) dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersamasama maupun parsial terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar teknik digital di SMKN 4 Pariaman, semakin baik Emotional Qoutient siswa, maka semakin meningkat siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah dan hasil belajar yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Sep 2019 06:54
Last Modified: 06 Sep 2019 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23022

Actions (login required)

View Item View Item