Absan, Arief Maulana (2017) Kontribusi Pemanfaatan Fasilitas Praktikum dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X TAV di SMK N 1 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_05_ARIEF_MAULANA_ABSAN_1203056_017_2017.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini untuk melihat adanya kontribusi/sumbangan Pemanfaatan Fasilitas Praktikum dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika siswa Kelas X TAV SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yang ditetapkan untuk Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan adalah 75 dengan rentang nilai (0 - 100). Kenyataannya hasil belajar diperoleh di sekolah bahwa 29,03 % siswa memperoleh nilai < 75 dan 70,97 % siswa memperoleh nilai ≥ 75 pada tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi Pemanfaatan Fasilitas Praktikum dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama maupun parsial terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika siswa kelas X TAV SMK N 1 Koto XI Tarusan. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 31 Siswa. Data Pemanfaatan Fasilitas Praktikum (X1) dan Kecerdasan Emosional (X2) dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada Siswa kelas X TAV SMK N 1 Koto XI Tarusan dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan data Hasil Belajar (Y) diambil dari nilai rata-rata Akhir yang didapat oleh siswa dari pihak sekolah SMK N 1 Koto XI Tarusan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahwa (1) Fasilitas Praktikum dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika siswa kelas X Program keahlian TAV di SMK N 1 Koto XI Tarusan sebesar 59,1%, (2) Fasilitas Praktikum berkontribusi secara signifikan terhadap Hasil Belajar siswa kelas X Program keahlian TAV di SMK N 1 Koto XI Tarusan sebesar 21,43%, (3) Kecerdasan Emosional berkontribusi secara signifikan terhadap Hasil Belajar siswa kelas X Program keahlian TAV di SMK N 1 Koto XI Tarusan sebesar sebesar 22,18%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Fasilitas Praktikum dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama maupun parsial berkontribusi terhadap Hasil Belajar Menerapkan dasar-dasar Elektronika siswa kelas X Program keahlian TAV di SMK N 1 Koto XI Tarusan tahun ajaran 2015/2016, semakin optimal Pemanfaatan Fasilitas Praktikum dan semakin optimalnya Kecerdasan Emosional, maka Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika juga semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 06:54 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 06:54 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23020 |
Actions (login required)
View Item |