Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kompetensi Belajar Peserta didik pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMPN 34 Padang

Pratiwi, Aulia Ayu (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kompetensi Belajar Peserta didik pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMPN 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Aulia_Ayu_Pratiwi_15031094_1950_2019.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini dunia tengah memasuki era revolusi industri 4.0, untuk menghadapi era tersebut setiap individu membutuhkan keterampilan (skill) agar memiliki eksistensi dalam persaingan global. Keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi era 4.0 dapat diasah melalui pendidikan. Salah satu permasalahan dalam pendidikan adalah selama proses pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis di SMP Negeri 34 Padang diketahui bahwa pemahaman peserta didik terhadap materi masih rendah, peserta didik kurang berperan aktif, rendahnya kompetensi belajar peserta didik pada aspek pengetahan, sikap, dan keterampilan. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran projectd based learning pada materi sistem ekskresi manusia. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII SMPN 34 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 224 orang yang terdistribusi kedalam tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yang terpilih kelas VIII. I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan pada kompetensi pengetahuan peserta didik nilai 1hitung2,27 > 1tabe11,67, kompetensi sikap 1hitung 1,83 >ttabel 1,67 dan kompetensi keterampilan 1hitung 2,57>1tabel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII SMPN 34 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Sep 2019 06:53
Last Modified: 06 Sep 2019 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23019

Actions (login required)

View Item View Item