Persepsi Peserta Didik tentang Penerapan Metode Pembelajaran Guru dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Biologi Kelas XI SMAN 3 Pariaman.

Olivia, Nadia (2019) Persepsi Peserta Didik tentang Penerapan Metode Pembelajaran Guru dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Biologi Kelas XI SMAN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Nadia_Olivia_15031017_1844_2019.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peranan penting dalam membantu meningkatkan kemampuan dan hasil belajar peserta didik, terutama dalam hal menumbuhkan semangat dan motivasi. Motivasi yang diberikan oleh guru akan mendorong, menggerakkan, dan mengarahkan peserta didik dalam kegiatan belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan bervariasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Motivasi belajar yang tinggi akan meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran. Hasil belajar siswa di SMAN 3 Pariaman rata-rata berada dibawah KKM. Hal ini diduga terkait dengan persepsi peserta didik tentang penerapan metode pembelajaran guru dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkatan persepsi peserta didik terhadap penerapan metode pembelajaran guru, mengetahui tingkatan motivasi belajar biologi peserta didik dan mengetahui hubungan antara persepsi peserta didik tentang penerapan metode pembelajaran guru dengan motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI SMAN 3 Pariaman. Hal ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket persepsi tentang penerapan metode pembelajaran guru dan angket motivasi belajar kepada peserta didik. Pemyataan dalam angket masing-masing terdiri atas 24 butir pemyataan untuk persepsi dan 29 butir pemyataan untuk motivasi belajar. Angket ini divalidasi terlebih dahulu oleh 2 orang dosen biologi dan 1 orang guru biologi yang mengajar di SMAN 3 Pariaman. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan distribusi skor dan analisis korelasi yang bisa dij adikan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa tingkatan persepsi peserta didik tentang penerapan metode pembelajaran guru tergolong dalam kategori baik yaitu 84% dalam rentang 80-89%, tingkatan motivasi belajar biologi peserta didik dalam kategori tinggi yaitu 78% dalam rentang 61-80% serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang penerapan metode pembelajaran guru dengan motivasi belajar biologi peserta didik di SMAN 3 Pariaman. Hubungan persepsi tentang penerapan metode pembelajaran guru dangan motivasi belajar biologi peserta didik dinyatakan cukup kuat dengan persentase 43,56%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Sep 2019 06:53
Last Modified: 06 Sep 2019 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23018

Actions (login required)

View Item View Item