Pengaruh Media Pembelajaran Film Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 2 Padang Panjang.

Imran, Ali (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Film Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ALI_IMRAN_13971_2032_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata diklat Perakitan Komputer di kelas X SMK Negeri 2 Padang Panjang, di mana terdapat pada kelas X TKJ 1 14 orang dari 32 orang siswa mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu < 7,50. Dan 18 orang dari 32 orang siswa mendapat nilai di atas KKM yaitu ≥ 7,50. di kelas X TKJ 2 terdapat 10 orang dari 32 orang siswa mendapat nilai di bawah KKM yaitu < 7,50. Dan 22 orang siswa mendapat nilai di atas KKM yaitu ≥ 7,50. Dan kelas TKJ 3 terdapat 8 orang dari 28 siswa mendapat nilai di bawah < 7,50 dan 20 orang di atas KKM ≥ 7,50 maka disimpulkan bahwa nilai rata-rata di sekolah tersebut telah mencapai KKM, namun ada beberapa orang siswa yang hasil belajarnya masih belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis film animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat Perakitan Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 2 Padang Panjang pada tahun ajaran 2016-2017.peneliti menggunakan teknik sampel klaster acak, pengambilan sampel klaster adalah pengambilan sampel terhadap kelompok,pada penelitian ini terdapat 3 kelompok kelas yang ada pada populasi akan diambil secara acak satu kelas untuk dijadikan kelas ekperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software SPSS versi 16.0 . Hasil analisis data menunjukkan perbedaan rata-rata posttest pada kelas Ekperimen 80,69 sedangkan kelas kontrol 63,59. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis film animasi terhadap hasil belajar siswa mata diklat perakitan komputer di Kelas X teknik komputer dan jaringan (TKJ) SMK negeri 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Sep 2019 06:53
Last Modified: 06 Sep 2019 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23015

Actions (login required)

View Item View Item