Hadis, Akbar (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Teknik Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_05_AKBAR_HADIS_1106767_1306_2017.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X TAV semester ganjil SMK N 5 Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas eksperimen adalah X TAV3-A menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan kelas kontrol adalah X TAV2-A menggunakan model pembelajaran Kooperatif. Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 78,750 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 70,313. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (2,757>2,042), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih besar yaitu 12% dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 06:53 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 06:53 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23014 |
Actions (login required)
View Item |