Kontribusi Kecerdasan Emosional dan pemanfaatan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 4 Pariaman.

Sari, Ade Zulmaida (2017) Kontribusi Kecerdasan Emosional dan pemanfaatan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ADE_ZULMAIDA_SARI_1102121_980_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah belum maksimalnya hasil belajar teknik elektronika dasar siswa kelas X elektronika industri SMKN 4 Pariaman, dimana 40,29% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran menerapkan dasardasar kelistrikan yaitu 80 dengan rentang nilai 0 - 100. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya Kecerdasan Emosional dan Pemanfaatan Sarana Prasarana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan besarnya kontribusi Kecerdasan Emosional dan Pemanfaatan Sarana Prasarana terhadap hasil belajar Teknik Elektronika Dasar siswa kelas X di SMKN 4 Pariaman. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 67 siswa dan sampel berjumlah 40 siswa kelas X EI di SMKN 4 Pariaman tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Data hasil belajar diperoleh dari Guru bidang studi Teknik Elektronika Dasar di SMKN 4 Pariaman. Sedangkan data Kecerdasan Emosional dan Pemanfaatan Sarana Prasarana dikumpulkan melalui angket menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan bantuan komputer program Microsoft Office Ecxel 2007 dan SPSS 16.0. Hasil analisis data penelitian menunjukkan : (1) Kecerdasan Emosional dan pemanfaatan sarana prasarana secara bersama memberikan kontribusi terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknik elektronika dasar siswa kelas X di SMKN 4 Pariaman sebesar 46,1%, (2) Kecerdasan Emosional memberikan kontribusi terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik elektronika dasar siswa kelas X di SMKN 4 Pariaman sebesar 42,7% dan (3), Pemanfaatan Sarana Prasarana memberikan kontribusi terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik elektronika dasar siswa kelas X di SMKN 4 Pariaman sebesar 30,2%, Jadi dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan pemanfaatan sarana prasarana berkontribusi terhadap hasil belajar siswa, semakin tinggi kecerdasan emosional dan pemanfaatan sarana prasarana maka hasil belajar juga akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Sep 2019 06:53
Last Modified: 06 Sep 2019 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23010

Actions (login required)

View Item View Item