Perancangan dan Pembuatan Program Tempat Parkir Bertingkat Otomatis Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 16.

Adrianti, Amelia (2017) Perancangan dan Pembuatan Program Tempat Parkir Bertingkat Otomatis Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 16. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AMELIA_ADRIANTI_1208086_514_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Permasalahan parkir seperti efektifitas, efisiensi parkir merupakan masalah parkir yang selama ini terjadi pada sistem parkir manual. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem perpakiran yang terstruktur dengan baik dan mampu menawarkan berbagai macam solusi dari permasalahan-permasalahan perparkiran yang ada. Kebanyakan area parkir masih menggunakan sistem konvensional yaitu melalui security atau petugas parkir yang telah ditentukan di lokasi masing-masing area parkir. Jika area parkir memiliki lokasi parkir yang kecil mungkin tidak bermasalah, akan tetapi bagi area parkir yang besar seperti pada lokasi rekreasi, pusat perbelanjaan, bandar udara, perhotelan, dll., untuk area parkir pada tempat- tempat tersebut, tidak dapat hanya dikendalikan oleh petugas parkir saja, karena jumlah kendaraan yang hendak parkir dan keluar sangat banyak dan tidak menentu waktunya. Salah satu solusi untuk membangun sistem tersebut yaitu dengan menggunakan Radio Frequency Identification (RFID). Dalam proyek akhir ini penulis ingin merancang suatu prototipe parkir otamatis menggunakan RFID berbasis ATMEGA 16. Secara umum cara kerja alat ini sebagai berikut : untuk membuka pintu parkir, pengguna (user) parkir yang bersangkuan mengunakan card RFID, apabila ID tepat maka menampilkan informasi di LCD “ruang parkir yang ditentukan” dan mobil akan masuk da terparkir secara otomatis sesuai dengan sendiri tanpa pengemudi. Untuk mengetahui mobil sudah masuk, digunakan sensor infrared.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:45
Last Modified: 06 Sep 2019 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23000

Actions (login required)

View Item View Item