Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Dilengkapi Teka-teki Silang (TTS) pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan untuk SMP/MTS

Sofia, Peni Apri (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Dilengkapi Teka-teki Silang (TTS) pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan untuk SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Peni_Apri_Sofia_1301436_2075_2019.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik memiliki kemampuan secara aktif mencari, mengolah, dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam pembelajaran. Salah satu bisa dikembangkan agar dapat mengoptimalkan tuntutan Kurikulum 2013 adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik dilengkapi Teka Teki Silang (TTS) pada materi sistem organisasi kehidupan untuk SMP/MTs. Penelitian rm merupakan penelitian pengembangan (development research). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4- D. Dalam penelitian pengembangan ini dilakukan tiga tahapan dari 4 tahap model pengembangan 4-D yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Uji validitas dan praktikalitas penelitian ini adalah 1 orang validator dosen biologi, 1 orang dosen IPA, 2 orang guru biologi dan 29 orang peserta didik SMP Negeri 1 Danau Kembar untuk uji praktikalitas. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas. Dari penelitian dihasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik dilengkapi TTS pada materi sistem organisasi kehidupan untuk SMP/MTs memiliki kategori valid dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, kegrafikaan, komponen saintifik dengan rata-rata nilai 82%. LKPD ini dapat dikategorikan praktis oleh guru 85,83% dan oleh peserta didik dengan rata-rata nilai 84% dilihat dari segi kemudahan penggunaan, efektifitas waktu pembelajaran, daya tarik, manfaat dan komponen saintifik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa LKPD yang dihasilkan telah memiliki kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:45
Last Modified: 06 Sep 2019 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22998

Actions (login required)

View Item View Item